Dewi Sartika Pendidik dan Pejuang Pendidikan Wanita di Indonesia

Dewi Sartika Pendidik dan Pejuang Pendidikan Wanita di Indonesia

Dewi Sartika (lahir di Bandung, Jawa Barat, 4 Desember 1884 – meninggal di Bandung, 11 September 1947) adalah seorang pendidik dan pejuang pendidikan wanita Indonesia yang memiliki peran penting dalam meningkatkan akses pendidikan bagi wanita di Indonesia pada awal abad ke-20. Dewi Sartika dikenal sebagai pendiri sekolah wanita pertama di Indonesia, yaitu Sekolah Isteri (Sekolah Kanak-kanak Putri) pada tahun 1904.

Pendidikan Dewi Sartika dimulai di sekolah Belanda, namun kemudian beliau melanjutkan pendidikannya di Sekolah Guru di Bandung. Setelah menyelesaikan pendidikannya, Dewi Sartika aktif dalam berbagai kegiatan untuk meningkatkan pendidikan bagi wanita di Indonesia.

Pada tahun 1904, Dewi Sartika mendirikan Sekolah Isteri di Bandung, yang kemudian menjadi cikal bakal berdirinya sekolah-sekolah wanita di Indonesia. Sekolah ini memberikan kesempatan bagi wanita untuk mendapatkan pendidikan formal yang sebelumnya hanya tersedia bagi laki-laki.

Selain mendirikan sekolah, Dewi Sartika juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan pendidikan. Beliau terlibat dalam berbagai organisasi wanita dan pendidikan, serta menjadi salah satu tokoh pergerakan wanita di Indonesia.

Keberhasilan Dewi Sartika dalam meningkatkan akses pendidikan bagi wanita di Indonesia membuatnya dihormati oleh banyak orang. Pada tahun 1966, beliau diangkat sebagai pahlawan nasional oleh pemerintah Indonesia sebagai penghargaan atas jasanya dalam memperjuangkan pendidikan dan kesetaraan gender di Indonesia.

Dewi Sartika wafat pada tanggal 11 September 1947 di Bandung, namun warisannya dalam bidang pendidikan dan perjuangan wanita tetap dikenang oleh bangsa Indonesia. Beliau adalah contoh nyata dari seorang pendidik dan pejuang pendidikan wanita yang gigih dan berdedikasi dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

04 April 2024 | Informasi

Related Post

Copyright 2023 - Yilzena